WANA WISATA MIGAS KEDUNGPUPUR

0
0
daya tarik wisata

Wana Wisata Migas Kedungpupur merupakan Daya Tarik Wisata yang terletak Di Desa Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora. Daya tarik wisata ini berjarak sekitar 25 km dari pusat kota ke arah timur, dan berjarak 7 km dari Cepu. Akses untuk menuju Kedungpupur cukup baik.

Daya tarik wisata ini disebut dengan wana wisata migas karena terdapat sumur minyak tua eksplorasi minyak bumi pertama di Kabupaten Blora yang berada ditengah-tengah hutan di wilayah Desa Ledok. Sampai saat ini konsesi minyak ledok masih beroperasi dan dikelola oleh Pertamina EP secara modern, sumur-sumur minyak di Konsesi minyak Ledok juga dikelola oleh masyarakat secara umum dilaksanakan secara tradisional. Penambangan tradisional di tempat ini menggunakan pemancang kayu yang dibuat secara tidak permanen, untuk melakukan pengambilan minyak digunakan pipa besi sepanjang lima meter yang bergerak turun naik. Pipa besi tersebut digerakkan oleh mesin diesel yang dipantau setiap waktu oleh petugas pengambil minyak tradisional.

Di Wana Wisata Migas Kedungpupur ini juga terdapat pemandian / kolam renang peninggalan Belanda yang saat ini sudah direnovasi. Kolam renang ini terbuka dan berada ditengah-tengah hutan Jati. Di sekeliling kolam renang terdapat Pendopo dan gazebo-gazebo yang bia digunakan untuk bersantai untuk sekedar menikmati suasana rimbunnya hutan Jati. (CP. 081225266187)