Sate Blora

0
0
daya tarik wisata

Sate merupakan salah satu kuliner andalan di Indonesia. Ada beberapa daerah yang menjadikan sate sebagai makanan khas. Salah satunya adalah Kota Blora, Jawa Tengah.

Sate Blora terdapat tiga macam yaitu sate ayam, sate kambing, dan sate sapi. Sate Blora juga memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan sate yang lainnya.

Berikut adalah perbedaan Sate Blora dan sate yang lain.

  1. Cara Penyajian

Apabila di daerah lain menyajikan makanan sate sesuai porsi yang dipesan berbeda dengan penyajian Sate Blora yang disajikan pada satu piring penuh. Penjual selalu membakar sate dalam jumlah besar dan akan dibagikan satu piring atau lebih tergantung jumlah pembelinya.

  1. Bayar Sesuai Tusuk Sate

Jika di Daerah lain membayar sesuai pesanan yang dipesan. Berbeda dengan Sate Blora, dimana ketika kita makan sate tersebut tusuknya jangan sampai terbuang sebelum membayar. Tusuk sate tersebut akan dihitung oleh penjual sate dan pembeli membayar sesuai tusuk sate tersebut.

  1. Bumbu Kacang Sate Blora

Berbeda dengan Sate Madura maupun Sate Ponorogo, Sate Madura disajikan dengan bumbu kacang kental ditambahkan dengan air jeruk limau, dan sate Ponorogo menyajikan dalam besek dengan bumbu kacang kering (seperti bumbu pecel) yang belum dicairkan.  Sate Blora memiliki ciri khas bumbu yang lebih lembut dari sate lainnya. Selain itu, daging dari Sate Blora ini diberi bumbu bawang putih, gula, dan ketumbar terlebih dahulu sebelum di tusuk.