HERITAGE LOCO TOUR

0
0
daya tarik wisata

Heritge Loco Tour ini merupakan Daya Tarik Wisata yang dimiliki dan dikelola oleh KPH Perhutani Cepu, bertempat di Jl. Sorogo Cepu. Sejarah singkat terkait heritage Loco Tour pada mulanya adalah Bengkel Traksi atau Depo Loco tempat bersemayam Loco-loco tua milik Perhutani yang dibangun sejak tahun 1911, dan jaringan relnya dibangun pada tahun 1915. Jaringan rel tersebut merupakan salah satu rel tertua di pulau Jawa, bahkan di Indonesia. Sejak tahun 1915 dibangun jaringan rel kereta api di dalam kawasan hutan jati Cepu dengan panjang mencapai 300 km, dengan lebar sepur1,076 m. Pemilihan lebar sepur ini dipekirakan untuk memudahkan sambungan rel lintas utama Semarang - Surabaya. Keberadaan jaringan kereta api di hutan Cepu tidak dapat dilepaskan dari keberadaan lokomotif uap fungsi utamanya adalah sebagai alat transportasi pengangkut hasil hutan. 

Adapun Lokomotif yang ada di depo Loco dan Bengkel Traksi awal mulanya sebagai berikut :

  1. Lokomotif 4 (empat) bersaudara buatan Berliner Maschinebau - Actien Gesellsehft (BMAG) masing-masing diberi nama 'Tujuh Belas', 'Agustus', 'Bahagia', dan 'Madjoe' (untuk lokomotif 'madjoe' ditempatkan ddi Jakarta di Kantor Pusat Perhutani.
  2. Dua Lokomotif langsir uap buatan Du Croo dan Braun.
  3. Lokomotif Hanomag tahun 1922 Eks PJKA C 2902.
  4. Lokomotif Drensin buatan Jepang merk Honda.
  5. Lokomotif Drensin hasil modifikasi dari jenis Colt T120
  6. Serta Lori onthel


A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/usr/lib/php/20131226/php_openssl.dll' - /usr/lib/php/20131226/php_openssl.dll: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: