Wujudkan Blora Sebagai Kota Tujuan Wisata

Admin
18/02/2019
342

Pada hari senin tanggal 18 Februari 2019 kemarin telah dilaksanakan kegiatan Pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Pelaku Usaha Pariwisata se Kabupaten Blora di Pendopo Seloparang Resto. Acara ini diikuti sekitar 50 peserta perwakilan dari pokdarwis dan pelaku usaha pariwisata se kabupaten Blora.

Tema yang menjadikan isu penting dalam kegiatan ini adalah “Kita Wujudkan Blora Sebagai Kota Tujuan Wisata”. Ini merupakan PR bersama bagi stakeholder kepariwisataan Blora.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Blora, Slamet Pamudji, SH, M.Hum dalam sambutannya mengemukakan saat ini Jangan berfikir pesimis untuk bisa hidup dari dunia pariwisata, karena pariwisata sudah menjadi tren dikalangan masyarakat, pariwisata kini telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat Blora. Hal ini merupakan peluang bagi usaha pariwisata. Harapannya pariwisata mampu menyumbang pengentasan kemiskinan yang ada di Blora. Pariwisata diharapkan mampu menjadi pemantik perekonomian masyarakat.

Blora mempunyai potensi wisata yang cukup banyak namun perlu sentuhan untuk memaksimalkan potensi tersebut. Tidak harus ada laut atau gunung seperti yang dimiliki wilayah lain.

Saat ini target wisatawan yang perlu dimaksimalkan adalah wisatawan lokal Blora. Kurang lebih 900 ribu jumlah warga Blora, dipastikan juga butuh berwisata. Bagi yang mampu, memungkinkan berwisata ke luar daerah. Namun bagi yang hemat, cukup di lokasi wisata lokal.

Kali ini pembinaan menghadirkan narasumber  Eko Suseno HRM, beliau adalah Dosen, praktisi dan motivator pariwisata dari UKSW Salatiga.

Dalam materinya beliau menekankan, Pokdarwis harus membuka paradigma persepsi tentang wisata.  Sapta Pesona harus menjadi pedoman bagi pokdarwis dalam pengembangan kepariwisataan. Pokdarwis harus mampu menciptakan produk barang/jasa atau karya lain yang bernilai ekonomi tinggi. Pokdarwis tidak hanya berperan dalam bisnis pariwisata, tetapi juga bertanggung jawab dalam sosialisasi kepada masayarakat.

Pembinaan pokdarwis kali ini juga diadakan sosialiasasi terkait perencanaan Festival Desa Wisata tingkat Kabupaten Blora oleh Muhammad Yusuf dari Hotel ARRA Cepu.

Kegiatan pembinaan ini ditutup oleh Bupati Blora, Djoko Nugroho. Djoko Nugroho berharap pokdarwis harus mampu mengajak warga bangga, dan  mempromosikan potensi wisata yang dimiliki agar dikunjungi.

Bupati Blora juga berharap, agar pokdarwis bisa lebih inovatif supaya wisatawan bisa datang ke lokasi yang dikelola.

“Sambil jalan kita perbaiki pelan-pelan. Siapkan sumber daya manusianya, bagaimana cara menyapa dan teknis menyambut orang. Wisata itu, bagaimana caranya orang bisa datang berkunjung. Sambil jalan nanti kita bantu,” katanya. (GIN)